STRATEGI PENETAPAN HARGA


STRATEGI PENETAPAN HARGA
            Penentuan dari harga dari suatu produk adalah suatu hal yang juga sangat krusial. Penentuan harga dari suatu produk akan sangat mempengaruhi dari keberhasilan suatu perusahaan dalam memperoleh keuntungan yang akan didapatkan oleh suatu perusahaan. Penentapan dari suatu produk, akan sangant dipengaruhi dari seberapa besar pengorbanan yang telah dilakukan dalam memproduksi produk itu sendiri. Semakin besar pengorbanan yang dilakukan maka akan semakin besar dan tinggi harga yang dibandrol dari produk itu sendiri.
            Keputusan penetapan harga (Tjiptono, 2006) merupakan pemilihan yang dilakukan perusahaan terhadap tingkat harga umum yang berlaku untuk jasa tertentu yang bersifat relatif terhadap tingkat harga para pesaing, serta memiliki peran strategis yang krusial dalam menunjang implementasi strategi pemasaran.
            Ada beberapa strategi yang digunakan dalam menentukan Harga PS Rent  ini. Diantaranya sebagai berikut:
1.      Skimming pasar (market skimming)
Dalam skimming pasar, produk baru pada awalnya ditawarkan dengan harga premium. Tujuannya adalah untuk menutup biaya investasi secepatnya. Strategi ini sesuai jika: pertama, merek merek baru mempunyai kelebihan atau keunggulan dibanding merek-merek yang pernah ada. Kedua, merek tersebut dilindungi oleh hak paten. Ketiga, pasar berifat inelastis. Dalam Ps Rent ini saya menerapkan strategi ini karena perusahaan ini baru didirikan sehingga membutuhkan dana untuk menutupi kekurangan dana yang telah digunakan.
2.      Penentuan harga penetrasi
Penentuan harga produk baru yang relatif murah dengan tujuan memperluas pangsa pasar. Pendekatan ini sesuai jika pasar bersifat elastis. Karena usaha ini baru didirikan maka strategi awalnya dengan menggunakan strategi penetrasi pasar. Dengan strategi ini diharapkan dapat menarik para konsumen labih banyak karena dengan harga yang murah tapi sesuai dengan kualitas dan kepuasan para konsumen.
3.      Penentuan Harga Prestis dan Ekonomis (prestige and economy pricing)
Penentuan harga prestis adalah strategi menaikkan harga jasa di atas harga rata-rata dan penentuan harga ekonomi adalah strategi menurunkan harga jasa di bawa harga rata-rata. Pada saat hari libur  kami tidak akan menaikkan harga sewa kami malah menurunkan harga. Mengapa demikian ini dikarenakan hari-hari libur biasanya konsumen akan berlibur atau pulang kerumahnya.oleh kareana itu harganya akan kami turunkan dengan harapan akan banyak konsumen mau Menyewa dan bermain Ps.
4.    Penentuan harga majemuk (multiple pricing)
Penentuan harga ini merupakan diskon kuantitas. Harga yang lebih murah dikenakan jika kuantitas produk atau jasa yang dibeli semakin banyak. Biasanya ditemukan pada toko-toko ritel. Pada usaha ini akan memberikan diskon berupa bonus 1 hari  jika menyewa ps lebih dari 3 hari untuk sewa Ps antar jemput sedangkan jika pelanggan main di tempat, kami akan memberikan bonus 2 jam jika pelanggan bermain lebih dari 5 jam.

Sedangkan menurut (Adrian payne Metode) penentuan harga harus dimulai dengan pertimbangan atas tujuan penentuan harga itu sendiri. Adapun tujuan-tujuan tersebut:
1.      Bertahan
Bertahan merupakan usaha untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang meningkatkan laba ketika perusahaan sedang mengalami kondisi pasar yang tidak menguntungkan. Usaha ini dilakukan demi kelangsungan hidup perusahaan.
2.      Memaksimalkan laba
Penentuan harga ditujukan untuk memaksimalkan laba dalam periode tertentu.
3.      Memaksimalkan penjualan
Penentuan harga bertujuan untuk membangun pangsa pasar dengan melakukan penjualan pada harga awal yang merugikan.
4.      Gengsi/prestos
Tujuan penentuan harga di sini adalah untuk memosisikan jasa perusahaan tersebut sebagai jasa yang eksklusif.
5.      Pengembalian atas investasi
Tujuan penentuan harga didasarkan atas pencapaian pengembalian atas investasi (ROI) yang diinginkan.
Dari kelima tujuan diatas, berdasarkan analisis yang saya lakukan maka tujuan yang saya canangkan adalah adalah jatuh pada point tiga (memaksimalkan penjualan). Mengapa ? karena positioning brannd yang saya kedepankan dibenak konsumen, artinya dengan memberikan pelayanan yang terbaik dari situ maka pangsa pasar akan semakin berkembang semakin ekspansif dan besar, melihat kepuasaan yang didapat oleh pelanggan sangat berpotensi untuk adanya rekomendasi kepada pelanggan baru baik dari kerabat, teman, maupun keluarganya. Terkait dengan persoalan harga yang memang ditarwarkan relative murah dalam permulaannya akan tetapi hal ini bisa diantisipasi mengenai ROI yang akan dihasilkan pada periode tertentu yang sudah dicanangkan dalam perencanaannya, dan seiring berkembangnya pangsa pasar harga akan mengikuti perkembangan tersebut dengan cacatan tidak akan mininggalkan atau mengurangi sedikit pun kualitas pelayanan bahkan akan semakin ditingkatkan kualitas pelayanan dan inovatif.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar