STRATEGI PROMOSI


STRATEGI PROMOSI
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya. Banyak pengertian promosi yang dikemukakan oleh para ahli. Keanekaragaman tentang rumusan promosi tersebut diantaranya menurut Basu Swastha (1984:237), promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
1.      Advertising (iklan)
 Iklan merupakan media promosi yang paling banyak digunakan oleh pemasar sebab memiliki keunggulan cepat dalam menyebarkan informasi, kemampuan iklan untuk diingat dalam waktu singkat, membangun kesadaran (awareness) terhadap keberadaan jasa yg ditawarkan, menambah pengetahuan konsumen tentang jasa yg ditawarkan, membujuk calon customer untuk membeli atau menggunakan jasa tsb dan sebagainya. Bentuk iklan yang biasa digunakan antara lain iklan cetak, elektronik, film, brosur, poster, selebaran, billboard dan sebagainya.
2.      Personal selling (tatap muka)
 Komunikasi langsung antara penjual dan calon pelanggan untuk memeperkenalkan suatu produk. Dalam industri jasa personal selling sangat berperan penting karena interaksi secara personal antara penyedia jasa dengan konsumen lebih penting, tenaga penjual dapat secara langsung menyesuaikan penawaran penjualan dgn kebutuhan & prilaku masing-masing calon pembeli Contohnya penjulan dengan jasa sales, penjulan lewat toko, pasar malam, persentasi penjualan.
3. Sales promotion (promosi penjualan)
Adalah bentuk persuasif secara langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli konsumen. Contohnya dengan adanya undian berhadiah, diskon, sampel produk,coba gratis, hadiah bagi langganan, pengembalian uang dan sebagainya.
4. Public Relation
Bentuk usaha/kegiatan manajemen yang dilakukan untuk mempertahankan/meningkatkan citra positif serta kepercayaan dan pengertian dari publik dalam (internal public) maupun publik luar (external publik). Yang dimaksud publik dalam adalah karyawan, pemegang saham. Sementara publik luar mencakup masyarakat sekitar, klien, pemerintahan dan media massa.
5. Word of mouth
Customer akan berbicara kepada pelanggan lain yang berpotensial tentang pengalamannya dalam menerima jasa. Metode ini sangat besar pengaruhnya & dampaknya terhadap pemasaran jasa dibandingkan dgn akivitas komunikasi lainnya.
6. Direct marketing (pemasaran langsung)
Sistem pemasaran yanng bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi. Caranya bisa lewat datang langsung ke konsumen, lewat telepon, pos dan sebagainya.
        Promosi adalah proses penyampaian informasi persuatif satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang dapat menciptakan pertukaran. Hal ini menjadi bagian pemasaran untuk memberitahukan kepada konsumen sasaran bahwa produk yang baik tersedia di tempat yang benar-benar dengan harga yang tepat.
Disini Ps Rent Sebagai perusahaan bisnis jasa tentunya melakukan kegiatan promosi  diantaranya adalah:
a.       Memasang iklan
Disini kami memasang pamflet di tempat umum serta membagikan brosur kepada konsumen dengan harapan konsumen akan tahu usaha yang kami jalankan dan mau meyewa Ps.
b.      Word of Mouth
Usaha kami memberikan servisce yang excelent, dengan memberikan service seperti itu nantinya pelanggan yang sudah menyewa dan bermain Ps akan memberikan informasi serta mempengaruhi konsumen lain tentang pengalamanya bermain atau menyewa Ps , Sehingga konsumen lain mau bermain atau menyewa ps di tempat kami.
c.       Selain itu juga kami  memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang mempunyai kartu anggota.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar