STRATEGI PROMOSI
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan
mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi
atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya. Banyak pengertian
promosi yang dikemukakan oleh para ahli. Keanekaragaman tentang rumusan promosi
tersebut diantaranya menurut Basu Swastha (1984:237), promosi dipandang sebagai
arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang
atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
1.
Advertising
(iklan)
Iklan merupakan media promosi yang paling
banyak digunakan oleh pemasar sebab memiliki keunggulan cepat dalam menyebarkan
informasi, kemampuan iklan untuk diingat dalam waktu singkat, membangun
kesadaran (awareness) terhadap keberadaan jasa yg ditawarkan, menambah
pengetahuan konsumen tentang jasa yg ditawarkan, membujuk calon customer untuk
membeli atau menggunakan jasa tsb dan sebagainya. Bentuk iklan yang biasa
digunakan antara lain iklan cetak, elektronik, film, brosur, poster, selebaran,
billboard dan sebagainya.
2.
Personal selling
(tatap muka)
Komunikasi langsung antara penjual dan calon
pelanggan untuk memeperkenalkan suatu produk. Dalam industri jasa personal
selling sangat berperan penting karena interaksi secara personal antara
penyedia jasa dengan konsumen lebih penting, tenaga penjual dapat secara
langsung menyesuaikan penawaran penjualan dgn kebutuhan & prilaku
masing-masing calon pembeli Contohnya penjulan dengan jasa sales, penjulan
lewat toko, pasar malam, persentasi penjualan.
3. Sales promotion (promosi penjualan)
3. Sales promotion (promosi penjualan)
Adalah bentuk
persuasif secara langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat
diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan
jumlah barang yang dibeli konsumen. Contohnya dengan adanya undian berhadiah,
diskon, sampel produk,coba gratis, hadiah bagi langganan, pengembalian uang dan
sebagainya.
4. Public Relation
4. Public Relation
Bentuk
usaha/kegiatan manajemen yang dilakukan untuk mempertahankan/meningkatkan citra
positif serta kepercayaan dan pengertian dari publik dalam (internal public)
maupun publik luar (external publik). Yang dimaksud publik dalam adalah
karyawan, pemegang saham. Sementara publik luar mencakup masyarakat sekitar,
klien, pemerintahan dan media massa.
5. Word of mouth
5. Word of mouth
Customer akan
berbicara kepada pelanggan lain yang berpotensial tentang pengalamannya dalam
menerima jasa. Metode ini sangat besar pengaruhnya & dampaknya terhadap
pemasaran jasa dibandingkan dgn akivitas komunikasi lainnya.
6. Direct
marketing (pemasaran langsung)
Sistem pemasaran
yanng bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan
untuk menimbulkan respon yang yang terukur dan atau transaksi di sembarang
lokasi. Caranya bisa lewat datang langsung ke konsumen, lewat telepon, pos dan
sebagainya.
Promosi adalah proses penyampaian informasi persuatif satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang dapat menciptakan pertukaran. Hal ini menjadi bagian pemasaran untuk memberitahukan kepada konsumen sasaran bahwa produk yang baik tersedia di tempat yang benar-benar dengan harga yang tepat.
Promosi adalah proses penyampaian informasi persuatif satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang dapat menciptakan pertukaran. Hal ini menjadi bagian pemasaran untuk memberitahukan kepada konsumen sasaran bahwa produk yang baik tersedia di tempat yang benar-benar dengan harga yang tepat.
Disini Ps Rent Sebagai perusahaan bisnis jasa tentunya melakukan kegiatan
promosi diantaranya adalah:
a. Memasang iklan
Disini kami
memasang pamflet di tempat umum serta membagikan brosur kepada konsumen dengan
harapan konsumen akan tahu usaha yang kami jalankan dan mau meyewa Ps.
b. Word of Mouth
Usaha kami
memberikan servisce yang excelent, dengan memberikan service seperti itu nantinya
pelanggan yang sudah menyewa dan bermain Ps akan memberikan informasi serta
mempengaruhi konsumen lain tentang pengalamanya bermain atau menyewa Ps ,
Sehingga konsumen lain mau bermain atau menyewa ps di tempat kami.
c. Selain itu juga kami memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang
mempunyai kartu anggota.
0 komentar:
Posting Komentar